085338333533

Manfaat Omega 3 bagi kesehatan

 

1. Omega-3 dapat melawan depresi dan kecemasan.

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang paling umum di dunia.

Gejala termasuk kesedihan, kelesuan dan kehilangan minat dalam hidup (1, 2).

Kecemasan, juga gangguan umum, ditandai oleh kecemasan dan kegugupan yang konstan (3 Sumber kepercayaan).

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi omega-3 secara teratur lebih kecil kemungkinannya menderita depresi (4 , 5).

Selain itu, ketika orang-orang dengan depresi atau kecemasan mulai mengonsumsi suplemen omega-3, gejalanya membaik  ( 6 , 7 , 8).

Ada tiga jenis asam lemak omega-3: ALA, EPA dan DHA. EPA tampaknya menjadi yang terbaik dari ketiganya untuk melawan depresi  (9)

 

Satu studi bahkan menunjukkan bahwa EPA sama efektifnya terhadap depresi seperti antidepresan umum  ( 10 )

RINGKASAN
Suplemen Omega-3 dapat membantu mencegah dan mengobati depresi dan kecemasan. EPA tampaknya menjadi yang paling efektif dalam memerangi depresi.


2. Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan mata

DHA, sejenis omega-3, merupakan komponen struktural penting dari retina mata (11)..

Ketika Anda tidak mendapatkan cukup DHA, masalah penglihatan mungkin terjadi (1213)..

Sangat menarik untuk dicatat bahwa asupan omega-3 yang cukup dikaitkan dengan risiko degenerasi makula yang lebih rendah, salah satu penyebab utama kerusakan mata dan kebutaan yang tidak dapat diperbaiki di dunia  (1415).

RINGKASAN
Asam lemak omega-3 yang disebut DHA adalah komponen struktural penting dari retina mata. Ini dapat membantu mencegah degenerasi makula, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan.

3. Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan otak selama kehamilan dan tahun-tahun pertama kehidupan.

poin yang ketiga ini menjawab pertanyaan tentang 

Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan otak dan perkembangan anak.

DHA mewakili 40% asam lemak tak jenuh ganda di otak Anda dan 60% retina mata Anda (1216)..

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa bayi yang diberi susu formula yang diperkaya dengan DHA memiliki pandangan yang lebih baik daripada bayi yang diberi susu formula tanpa itu (17).

Mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan dikaitkan dengan banyak manfaat untuk anak Anda, termasuk  (181920):

  • Kecerdasan superior
  • Keterampilan komunikasi dan sosial yang lebih baik.
  • Masalah perilaku yang kurang
  • Mengurangi risiko keterlambatan perkembangan
  • Mengurangi risiko ADHD, autisme dan cerebral palsy.


RINGKASAN 
Sangat penting untuk perkembangan anak Anda untuk mengkonsumsi omega-3 yang cukup selama kehamilan dan di awal masa kanak-kanak. Suplementasi terkait dengan kecerdasan yang lebih besar dan risiko lebih rendah dari berbagai penyakit.

lalu mulai umur berapa tahun  anak kita diperbolehkan mengkonsumsi marine omega? jawabannya adalah mulai umur 6 bulan saat bayi kita mpasi. 

poin ketiga ini menjawab pertanyaan tentang Manfaat Marine Omega Untuk anak, Ibu Menyusui dan juga Untuk Ibu Hamil


4. Omega-3 dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung
Serangan jantung dan stroke adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia ( 21 ).

Beberapa dekade yang lalu, para peneliti mencatat bahwa tingkat penyakit ini sangat rendah di komunitas budidaya ikan. Konsumsi ini terkait dengan konsumsi omega-3 ( (2223).

Sejak itu, asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan jantung (24).

Manfaat omega 3 ini terkait dengan:

Trigliserida: Omega-3 dapat menyebabkan pengurangan trigliserida yang signifikan, biasanya dalam kisaran 15 hingga 30% (252627).

Tekanan darah: Omega-3 dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi (2728).
Kolesterol HDL “Baik”: Omega-3 dapat meningkatkan tingkat kolesterol HDL “baik” (293031).

Gumpalan darah: Omega-3 dapat mencegah trombosit darah mengelompok. Ini membantu mencegah pembentukan gumpalan darah yang berbahaya (3233).

Plak: Dengan menjaga kelancaran dan tidak adanya kerusakan arteri di arteri Anda, omega-3 membantu mencegah plak yang dapat membatasi dan mengeraskan arteri Anda ( (3435).

Peradangan: Omega-3 mengurangi produksi zat-zat tertentu yang dilepaskan selama respons peradangan tubuh Anda (363738).


Bagi sebagian orang, omega-3 juga dapat menurunkan kolesterol LDL “buruk”. Namun, bukti beragam – beberapa penelitian menemukan peningkatan LDL ( 3940 ).

Meskipun efek menguntungkan ini pada faktor risiko penyakit jantung, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa suplemen omega-3 dapat mencegah serangan jantung atau stroke. Banyak penelitian tidak menemukan manfaat (4142).

RINGKASAN
Omega-3 meningkatkan banyak faktor risiko penyakit jantung. Namun, suplemen omega-3 tampaknya tidak mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.


5. Omega-3 dapat mengurangi gejala ADHD pada anak-anak

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan perilaku yang ditandai dengan kurangnya perhatian, hiperaktif dan impulsif (43).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan ADHD memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah dalam darah mereka daripada rekan-rekan mereka dalam kesehatan yang baik (4445.).

Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega-3 dapat mengurangi gejala ADHD.

Omega-3 membantu meningkatkan kecerobohan dan penyelesaian tugas. Mereka juga mengurangi hiperaktif, impulsif, agitasi dan agresi (46474849).

Para peneliti baru-baru ini mengamati bahwa suplemen minyak ikan adalah salah satu perawatan yang paling menjanjikan untuk ADHD (50).

RINGKASAN
Suplemen Omega-3 dapat mengurangi gejala ADHD pada anak-anak. Mereka meningkatkan perhatian dan mengurangi hiperaktif, impulsif, dan agresi.

poin ini menjawab pertanyaan manfaat marine omega pada anak-anak

6. Omega 3 dapat mengurangi gejala sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah serangkaian kondisi.

Ini termasuk obesitas sentral, juga disebut lemak perut, serta tekanan darah tinggi, resistensi insulin, kadar trigliserida tinggi dan kadar kolesterol HDL “baik” yang rendah.

Ini adalah masalah kesehatan masyarakat yang utama, karena meningkatkan risiko banyak penyakit lain, termasuk penyakit jantung dan diabetes (51 Sumber Tepercaya).

Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan resistensi insulin, peradangan dan faktor risiko penyakit jantung pada orang dengan sindrom metabolik (525354 ).

RINGKASAN
Omega-3 dapat memiliki banyak manfaat bagi penderita sindrom metabolik. Mereka dapat mengurangi resistensi insulin, melawan peradangan dan meningkatkan beberapa faktor risiko penyakit jantung. 


7. Omega 3 dapat melawan peradangan.
Peradangan adalah respons alami terhadap infeksi dan kerusakan pada tubuh Anda. Karena itu, sangat penting untuk kesehatan Anda.

Namun, peradangan kadang berlangsung lama, bahkan tanpa infeksi atau cedera. Ini disebut peradangan kronis, atau jangka panjang.

Peradangan jangka panjang dapat berkontribusi pada hampir semua penyakit kronis barat, termasuk penyakit jantung dan kanker (555657).

Secara khusus, asam lemak omega-3 dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang berhubungan dengan peradangan, seperti inflamasi eikosanoid dan sitokin (5859.).

Penelitian secara konsisten menemukan hubungan antara peningkatan konsumsi omega-3 dan pengurangan peradangan ((86061).

RINGKASAN
Omega-3 dapat mengurangi peradangan kronis, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

8. Omega 3 dapat melawan penyakit autoimun

Pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh Anda mengacaukan sel sehat dengan sel asing dan mulai menyerang mereka.

Diabetes tipe 1 adalah contoh khas di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Omega-3 dapat melawan beberapa penyakit ini dan dapat menjadi sangat penting pada awal kehidupan.

Studi menunjukkan bahwa omega-3 yang cukup selama tahun pertama kehidupannya terkait dengan pengurangan risiko banyak penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1, diabetes autoimun dan multiple sclerosis (  (62  6364 ).

Omega-3 juga membantu mengobati lupus, rheumatoid arthritis, kolitis ulserativa, penyakit Crohn dan psoriasis (  (65666768 . ).

RINGKASAN
Asam lemak omega-3 dapat membantu melawan beberapa penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis, kolitis ulserativa, penyakit Crohn dan psoriasis.


9. Omega 3 dapat memperbaiki gangguan mental.

Kadar omega-3 yang rendah telah dilaporkan pada orang dengan gangguan kejiwaan (69 Sumber Tepercaya).

Studi menunjukkan bahwa suplemen omega-3 dapat mengurangi frekuensi perubahan suasana hati dan kambuh pada orang dengan skizofrenia dan gangguan bipolar ( 697071 ).

Mengkonsumsi asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi perilaku kekerasan (72 Sumber disetujui).

RINGKASAN
Orang dengan gangguan mental sering memiliki kadar omega-3 yang rendah dalam darah mereka. Meningkatkan status omega-3 tampaknya meningkatkan gejala.


10. Omega 3 dapat memerangi kerusakan mental yang berkaitan dengan usia dan penyakit Alzheimer

Penurunan fungsi otak adalah salah satu konsekuensi penuaan yang tak terhindarkan.

Beberapa penelitian mengaitkan peningkatan konsumsi omega-3, penurunan kemerosotan mental terkait usia dan penurunan risiko penyakit Alzheimer (73 Sumber disetujui, 74 Sumber disetujui, 75 Sumber kepercayaan).

Sebuah tinjauan studi terkontrol menunjukkan bahwa suplemen omega-3 mungkin bermanfaat segera setelah timbulnya penyakit, ketika gejala DA sangat ringan (76 Sumber disetujui).

Ingatlah bahwa diperlukan lebih banyak penelitian tentang omega-3 dan kesehatan otak.

RINGKASAN
Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah kerusakan mental yang berkaitan dengan usia dan penyakit Alzheimer, tetapi penelitian tambahan diperlukan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat
%d bloggers like this: