Diet untuk Orang Berjerawat: Apa yang harus dan tidak boleh dimakan?

By | April 17, 2020

Diet untuk Orang Berjerawat: Apa yang harus dan tidak boleh dimakan?

Tentunya jerawat dan bekas jerawat adalah masalah yang sering dikhawatirkan anak perempuan. Wajah yang penuh dengan jerawat membuat kita was-was makan. iya ngga?

Lantas, bagaimana cara mengatasi bintik-bintik jerawat yang tidak menyenangkan dan tetap bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh? Tonton artikel berikut untuk memahami diet bagi Kamu yang jerawatan.

Makan makanan setiap hari bisa memengaruhi jerawat. Secara umum, ketika Kamu memiliki jerawat , Kamu harus say no pada makanan manis untuk menghindari peningkatan gula darah dan mempengaruhi peradangan dalam tubuh.

Pada saat yang sama, penderita jerawat harus disiplin dan memilih makanan yang baik agar situasinya tidak bertambah buruk. Selain itu, Kamu harus makan banyak sayuran dan makanan kaya probiotik agar kulit menjadi lebih halus.

Makanan apa aja yang berpengaruh pada jerawat?

Satu hal yang dapat mempengaruhi kulit adalah pola makan. Beberapa makanan akan meningkatkan gula darah lebih cepat daripada yang lain. Inget ya…

Ketika gula darah naik dengan cepat, itu menyebabkan tubuh melepaskan hormon yang disebut insulin . Memiliki terlalu banyak insulin dalam darah dapat menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak, meningkatkan risiko jerawat.

gula darah naik = jerawat


Beberapa makanan yang memicu mutasi insulin meliputi:

  • makaroni
  • nasi putih
  • roti putih
  • gula

Karena efek produksi insulin mereka, makanan ini dianggap sebagai makanan karbohidrat yang tinggi glikemia. Artinya, mereka dibuat dari gula sederhana.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Dermatology and Cosmetology, cokelat juga dianggap memperburuk jerawat.

Peneliti lain telah menyelidiki hubungan antara apa yang disebut diet daging gaya Barat . Makanan yang harus dihindari meliputi:

  • Karbohidrat gula darah tinggi
  • susu
  • lemak jenuh
  • lemak trans

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Clinical Dermatology, Cosmetics and Investigations , makanan ini merangsang produksi hormon yang dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak.

Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bagi tipikal wajah berjerawat?

Penelitian sampai saat ini sering berfokus pada makanan yang memperburuk jerawat . Berikut 5 makanan yang bisa membuat Jerawat lebih subur. Hindari makanan ini selama sekitar satu minggu, Kamu akan melihat perbedaan pada kulit Kamu setelahnya.

makanan-pemicu-jerawat

1. Susu sapi

Sebuah studi tahun 2010 menemukan hubungan antara minum susu sapi dan jerawat. Para ilmuwan masih belum yakin mengapa demikian, tetapi ada beberapa teori bahwa susu sapi dapat meningkatkan gula darah, sehingga meningkatkan tingkat peradangan, yang mengarah ke jerawat.

Makanan ini juga meningkatkan kadar insulin, merangsang produksi sebum pada kulit. Banyak jenis susu sekarang berasal dari susu sapi, yang mengandung banyak hormon yang merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak sebum.

Susu juga mengandung hormon pertumbuhan, merangsang pertumbuhan sel kulit yang berlebihan, berpotensi menyumbat pori-pori. Studi lain pada tahun 2005 menunjukkan bahwa orang yang minum banyak susu memiliki tingkat jerawat jauh lebih tinggi daripada mereka yang minum sedikit atau tanpa susu.

2. Gula

Gula adalah salah satu makanan yang berhubungan dengan jerawat. Namun, ini tidak berarti bahwa jika Kamu makan kue Kamu akan mendapatkan jerawat.

Penting untuk memperhatikan jumlah gula yang Kamu makan dalam sehari, terutama di beberapa titik. Minum sekaleng soda dan makan permen dapat meningkatkan kadar gula darah dan setelah beberapa jam jerawat akan muncul di wajah Kamu . Cobalah untuk membuktikan 😉

Karena itu, jika Kamu curiga bahwa gula mungkin adalah penyebab jerawat, cobalah mengurangi gula dalam sehari.

3. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Ini adalah makanan yang dapat meningkatkan insulin dan gula darah. Mereka dapat mengubah kondisi hormonal dan menyebabkan peradangan, yang merangsang perkembangan jerawat.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi termasuk roti, sereal olahan, nasi putih, biskuit, kentang, kue … Oleh karena itu, Kamu harus memilih makanan dengan indeks glikemik rendah seperti sayuran, sereal. Biji-bijian utuh, kentang manis dan sebagian besar buah-buahan.

4. Makanan ringan

Makanan ringan juga menyebabkan fluktuasi hormon dan kadar gula darah. Karena itu, Kamu juga harus menghindari mengkonsumsi junk food untuk memiliki kulit yang lebih halus.

5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji dapat meningkatkan peradangan pada tubuh. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara makanan cepat saji dan asma anak-anak . Selain itu, peradangan dapat menyebabkan jerawat. Jadi, jika Kamu terpaksa pergi ke restoran cepat saji, pilihlah salad atau yogurt.

6. Cokelat

Cokelat menyebabkan jerawat

Satu studi menunjukkan bahwa cokelat dapat membuat peradangan dan infeksi lebih parah, menyebabkan kulit Kamu tampak lebih berjerawat dan menyakitkan. Namun, ini tergantung pada jumlah cokelat yang Kamu makan setiap hari. Saat ini, masih belum ada bukti yang jelas untuk membuktikan hubungan antara makan cokelat dan jerawat. ( 1 )

Namun, cobalah menahan diri untuk mengkonsumsi cokelat selama seminggu dan periksa sendiri apakah ada perubahan pada kulit Kamu.

Apa yang harus dimakan penderita jerawat?

Hanya menghapus makanan yang merusak yang tercantum di atas akan membantu Kamu menghilangkan mimpi buruk tentang jerawat. Namun, bagaimana jika Kamu makan dengan bijaksana dan masih memiliki jerawat? Adakah makanan yang bisa membantu Kamu melawan jerawat? Jawabannya adalah ya. Mari kita simak beberapa makanan untuk membantu mengurangi jerawat berikut ini.

menu sehat anti jerawat

1. Ikan atau biji rami

Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung asam lemak omega-3 , seperti ikan berlemak, kenari, dan biji rami, dapat membantu Kamu mengontrol peradangan dan meningkatkan jerawat secara efektif.

Misalnya Kamu tidak sempat makan makanan tersebut, Kamu bisa mengkonsumsi suplemen minyak ikan seperti suplemen nu skin marine omega

2. Teh hijau

Teh hijau penuh dengan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari pengaruh lingkungan. Karena itu, Kamu harus minum lebih banyak teh hijau di siang hari. Jika kamu mau lebih simple, minumlah suplemen teh hijau yang kandungan setiap kapsulnya setara dengan 7 gelas teh hijau. apa itu? tegreen nuskin

3. Tiram
Tiram adalah makanan yang mengandung banyak seng. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seng dapat mengurangi jerawat. Namun, terlalu banyak mengonsumsi seng dari suplemen (lebih dari 100 mg per hari) juga dapat menyebabkan efek samping.

Selain tiram, Kamu harus mendapatkan seng dari makanan seperti kecambah gandum (ditaburkan di selada dan kemangi), hati domba, daging sapi panggang, labu panggang, biji labu dan biji semangka kering. Kamu bisa menambahkan Lifepak nuskin untuk menambah asupan zinc

4. Buah dan sayuran
Makan banyak buah dan sayuran alami dapat membantu mengurangi jerawat. Sayuran dan buah-buahan kaya akan beta-karoten, yang membantu mengurangi sebum dan melawan peradangan secara alami. Sayuran hijau gelap sangat bagus untuk menghilangkan kotoran dalam tubuh, membantu Kamu memiliki kulit yang lebih halus.

5. Probiotik
Makanan kaya probiotik dapat mengurangi peradangan di usus, membantu memperbaiki jerawat. Menurut sebuah studi 2011, bakteri usus dapat mempengaruhi peradangan pada tubuh, sehingga mempengaruhi jerawat. Karena prebiotik dan probiotik dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif, para ilmuwan percaya mereka mengurangi jerawat.

Untuk menambahkan probiotik ke dalam diet harian Kamu, cobalah yogurt, kefir, kubis alpukat, cokelat hitam, mikroalga, sup miso, acar, tempe, kimchi, dan teh kombucha.

Tentu saja ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap jerawat dan diet hanyalah salah satunya. Jadi, seiring dengan makan yang benar, Kamu perlu mengingat sejumlah faktor lain untuk memiliki kulit sehat setiap hari.

Skincare khusus untuk kamu yang berjerawat adalah 

Nu skin Clear action, produk untuk Acne Care

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *