085338333533
Apa itu Karoten?

Apa itu Karoten?

Apa itu Karoten?

Karoten adalah pewarna tanaman kuning, oranye dan merah yang terbentuk secara alami. Kita melihat mereka di mana-mana. Karoten ada di dedaunan musim gugur dedaunan musim gugur dan cokelat kemerahan pada jarum pinus, buah-buahan (tomat, aprikot, paprika) dan, tentu saja, wortel. Sayuran hijau juga kaya akan karotenoid, meskipun warna hijau yang dominan dari sayuran, klorofil, mengaburkan warna kemerahan mereka.

karoten

Diet Mediterania kaya akan karotenoid dan signifikansi kesehatannya sedang diselidiki. Menurut penelitian lanjutan selama 25 tahun, populasi di Mediterania dan Jepang tampaknya lebih resisten terhadap hipertensi dibandingkan populasi di Eropa utara dan Amerika Serikat.

Karoten melindungi kulit dan mata dari sinar UV matahari. Dengan demikian, karoten bisa mencegah katarak.

Lusinan penelitian, termasuk dari Universitas Kuopio (sekarang Finlandia Timur), menunjukkan bahwa karoten juga melindungi terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular. Orang dengan penyakit Crohn mengalami stres oksidatif kronis dan karotenoid laten (likopen dan kriptoksantin) serta vitamin C.

Semakin banyak karoteonida yang dimakan, semakin rendah risiko sindrom metabolik , kata sebuah meta-analisis baru (studi kompilasi) (Bedoun et al. 2018).

Sekitar 600 karoten yang berbeda sekarang dikenal , dimana sekitar 20 ditemukan dalam makanan manusia. Beta-karoten, lutein, likopen, dan asta, kripto, zea, dan mesozeaksantin dianggap paling penting bagi kesehatan.

Konsentrasi karotenoid dalam berbagai makanan

Bagaimana cara kerja karoten dalam tubuh?

Karotenoid mungkin terkenal karena tubuh kita bisa mengubah betakaroten menjadi vitamin A, yang sangat penting untuk penglihatan yang baik, kesuburan, dan fungsi berbagai jaringan. olehkarena itu Sejauh ini, telah direkomendasikan untuk makan lima (5) porsi buah, sayuran, dan sayuran, dan sekarang Anda harus makan 10 porsi sehari!

Sekitar 10% karotenoid dikonversi menjadi vitamin A , termasuk alpha dan beta karoten dan cryptoxanthin. Tetapi karotenoid tidak hanya merupakan prekursor vitamin A, mereka adalah antioksidan kuat dan karenanya memiliki efek independen terhadap kesehatan dan kebugaran (Milani et al. 2016).

Mengapa tanaman menghasilkan antioksidan?

Karotenoid adalah agen perlindungan tanaman yang melindungi tanaman dari radikal bebas berbahaya yang diciptakan oleh sinar matahari. Tanpa karotenoid tanaman, vegetasi bumi akan hancur sejak lama.

Sel – sel manusia juga dapat memanfaatkan efek perlindungan dari karotenoid tanaman dan antioksidan tanaman lainnya. Dengan makan sayur dan buah yang kaya karotenoid, seseorang mendapat perlindungan yang sama terhadap radikal bebas. Selain melindungi dari sinar UV, antioksidan tanaman melindungi terhadap radikal bebas yang dihasilkan oleh tembakau, alkohol, obat, gas berbahaya, logam berat, dan pestisida.

Dan tidak cukup sampai disitu , karena aktivitas normal dan tidak sehat dalam tubuh menghasilkan radikal bebas berlebih, terutama selama penyakit inflamasi dan degeneratif. Karoten mencegah diabetes pada orang yang tidak merokok, tetapi tidak pada orang yang merokok, karena merokok entah bagaimana menghilangkan efek perlindungan mereka ( Am J Epidemiol, 2006 ).

Karotenoid utama

Hubungan yang signifikan secara statistik telah diamati antara alpha-carotene dan kanker paru-paru perokok: Semakin rendah asupan, semakin besar risiko penyakit. Wortel dan labu mengandung alfa-karoten yang tinggi.

Sampai saat ini, beta-karoten dianggap sebagai karotenoid paling penting. Tidak diragukan lagi, itu adalah karotenoid paling terkenal dan paling banyak dipelajari yang telah terbukti memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan. Sebuah studi SETTI besar Finlandia menunjukkan bahwa beta-karoten (20 mg / hari) digunakan sebagai kapsul mencegah kanker prostat dan stroke. Penelitian ini melibatkan sekitar 30.000 pria merokok.

Beta-karoten mengurangi risiko banyak kanker, termasuk kanker mulut, paru-paru, payudara, kerongkongan dan leher rahim. Namun, dalam studi SETTI, beta-karoten tidak menunjukkan efek perlindungan terhadap kanker paru-paru atau infark miokard. Alasannya tampaknya niat untuk mengobati (ITT) di satu sisi, dan merokok berat (1-2 langkah / hari) dari subyek selama beberapa dekade, dengan efek buruk bahkan pada beta-karoten. Setelah pemberian oral, beta-karoten melindungi kulit dari sinar UV matahari. Efektivitasnya semakin ditingkatkan dengan mengoleskan krim pelindung pada kulit.

Likopen adalah salah satu penangkap paling kuat dari oksigen singlet radikal. Sumber likopen terbaik dalam makanan adalah tomat, semangka, dan jeruk bali. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan tomat dan produk tomat yang berlebihan (puree, kecap) dapat mengurangi risiko kanker prostat dan perut serta serangan jantung.

Kanker prostat adalah kanker yang paling umum pada pria. Studi ini menunjukkan hubungan yang jelas antara kadar likopen darah rendah dan kanker prostat. Risiko kanker prostat adalah 35% lebih rendah pada pria dengan tingkat likopen tertinggi dibandingkan dengan konsentrasi terendah. Risiko kanker prostat agresif berkurang sebanyak 65% (Am J Epidemiol 2002; 155: 1023-1032).

dulu, Tomat dikenl sebagai sumber likopen terbaik dalam makanan. Namun kini, Buah Gac ditemukan bahwa buah gac mengandung likopen 70x lipat lebih banyak dari tomat. sumber: https://www.nuskin.com/ nuspirit 2016

buah gac yang kaya likopen

Lycopene memiliki setidaknya empat mekanisme pelindung kardiovaskular berikut:

  • antioksidan
  • komunikasi junction
  • efek hormon
  • aksi imunologis.
  • Likopen menghambat peradangan seperti yang terlihat dalam pengukuran protein C-reaktif (CRP) dan fibrinogen.

Minum jus tomat (280 ml) setiap hari untuk menurunkan berat badan dan mengurangi peradangan sitokin dalam tubuh, menurut sebuah penelitian Taiwan (Li et al. 2014). Dalam penelitian ini, dosis harian likopen adalah 32,5 mg. Sebuah studi baru melaporkan bahwa likopen dalam tomat dan jus tomat mengurangi risiko penyakit jantung (2019).

Baca lebih lanjut tentang likopen dalam bahasa Finlandia atau Inggris .

Lutein, zea dan mesozeaxanthin sangat penting untuk perkembangan otak janin dan retina. Lutein meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak janin (neurogenesis). Dengan cara ini, lutein sangat memengaruhi cara manusia berkembang dari janin. Lutein, yang diangkut ke otak janin, dipertahankan di sana dan memiliki dampak besar pada kesehatan dan fungsi manusia. Lutein dari ibu menyusui (dari makanan atau suplemen gizi) ditularkan melalui ASI ke janin dan meningkatkan perkembangan otaknya, penelitian menunjukkan . Untuk alasan ini, makanan ibu hamil dan menyusui harus tinggi karoten.

Ditemukan di Universitas Harvard pada tahun 1994,bahwa diet yang mengandung lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula (JAMA 1994; 272: 1413.20). Penyakit mata ini menyebabkan rabunnya penglihatan dan kebutaan. AREDS2 dirilis pada 2013Studi mengkonfirmasi bahwa lutein (diambil bersama dengan seng, beta-karoten, dan vitamin C dan E) sebagai suplemen makanan mencegah perkembangan degenerasi makula. Lutein juga mencegah katarak, demensia, pengerasan pembuluh darah dan kanker. Mesozeaxanthin adalah metabolit lutein, metabolit zeaxanthin, yang terjadi secara alami pada lebih dari 20 spesies ikan dan krustasea yang berbeda. Mesozeaxanthin hadir di retina mata di bidang penglihatan. Karotenoid ini memiliki efek antioksidan tertinggi dari ketiganya. Kadang-kadang dikatakan bahwa mesozeaxanthin adalah sintetis, tetapi itu adalah kesalahpahaman. Sebuah meta-analisis Cina baru menegaskan bahwa karotenoid mencegah dan menghambat degenerasi okular (Ma et al. 2016).

Sumber terbaik dari karotenoid ini dalam makanan adalah bayam, paprika, kacang-kacangan, wortel, seledri, kubis Brussel, kuning telur dan udang (dan krustasea lainnya). Tidak ada asupan harian yang direkomendasikan untuk karotenoid ini, meskipun sudah disarankan untuk latin . Mereka dijual di seluruh dunia sebagai suplemen makanan sekitar $ 145 juta per tahun. Lutein terutama diproduksi dari bunga marigold sebagai suplemen nutrisi.

Cryptoxanthin mungkin merupakan karotenoid yang paling sedikit diketahui, tetapi dapat memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan. Wanita dengan kanker serviks memiliki kadar cryptoxanthin lebih rendah dari biasanya. Sumber nutrisi yang baik adalah tomat. kentang, kuning telur, mentega, jeruk, pepaya, persik dan jeruk keprok.

Astaxanthin adalah pendatang baru terbaru yang tampaknya memiliki efek pelindung mata. Telah ditemukan untuk mencegah dan menghambat degenerasi makula. Astaxanthin adalah mis. di bagian merah kerang. Ini ditambahkan ke dalam diet salmon Norwegia untuk memberi warna merah yang indah pada salmon. Baca lebih lanjut dalam bahasa Inggris

Astacastine tampaknya merupakan antioksidan yang sangat baik yang meningkatkan fungsi mitokondria, sebuah tinjauan literatur Korea Selatan baru menunjukkan .


Kombinasi ini lebih efektif daripada karotenoid tunggal
Kombinasi beberapa karotenoid lebih penting bagi kesehatan daripada karotenoid tunggal. Karotenoid bertindak dalam tubuh secara sinergis untuk memperkuat efek kesehatan satu sama lain (dan nutrisi pelindung lainnya). Jika Anda mengonsumsi karoten, Anda harus menggunakan produk kombinasi.

Jadi perkembangannya sangat mirip dengan vitamin antioksidan dan elemen pelacak: pada awal 1980-an, banyak orang yang mengonsumsi vitamin C atau E, seseorang mengonsumsi selenium, yang lain mengonsumsi seng. Pada pertengahan 1980-an saya mengembangkan produk kombinasi antioksidan pertama Finlandia, yang mengandung enam bahan aktif.

Apakah Anda Membutuhkan Suplemen Karotenoid?
Pada musim semi 2001, Akademi Ilmu Pengetahuan AS menyatakan bahwa kebutuhan karotenoid adalah dua kali rekomendasi yang berlaku. Para ilmuwan mungkin belum tahu selama 10 tahun apa asupan harian ideal karotenoid dan antioksidan lain pada manusia. Tetapi bahkan tanpa informasi yang akurat seperti itu, jelas bahwa banyak orang mendapatkan karoten terlalu sedikit dalam makanan mereka untuk pencegahan degenerasi okular terkait usia, penyakit kardiovaskular dan kanker. Belum lagi, tentu saja, paparan sinar matahari yang kuat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kita harus menerima 8-10 mg beta-karoten dan 2-3 mg likopen setiap hari. Kebutuhan karotenoid meningkat setiap saat karena kita semakin terpapar polusi lingkungan dan meningkatnya radiasi UV yang disebabkan oleh penipisan ozon. Jika Anda merasa tidak mendapatkan cukup karoten dalam makanan, Anda bisa menggunakannya sebagai suplemen makanan.

Beydoun MA, Xiaoli Chen X, Kanishk Jha Hind KJ et al. Karotenoid, vitamin A, dan hubungannya dengan sindrom metabolik: tinjauan sistematis dan meta-analisis Nutrisi Ulasan, nuy044, https://doi.org/10.1093/nutrit/nuy044

Milani A, Basirnejad M, Shahbazi S, Bolhassani A. Karotenoid: Biokimia, Farmakologi dan pengobatan. British Journal of Pharmacology. 2016 16 September. Doi: 10.1111 / bph.13625. [Epub menjelang cetak] Tinjau.
Ma L, Liu R, Du JH, dkk. Suplemen Lutein, Zeaxanthin dan Meso-zeaxanthin Terkait dengan Kepadatan Optik Pigmen Macular. Nutrisi 2016, 8 (7), 426; doi: 10.3390 / nu8070426 Teks Lengkap Gratis

Li YF, Chang YY Hunag HC, et al. Suplemen jus tomat pada wanita muda dengan tingkat adipokin inflamasi secara independen dari pengurangan lemak tubuh. Nutrisi 12 Desember 2014 DOI: http://dx.doi.org/10.1016/j.nut.2014.11.008

Formula struktural untuk karotenoid
antioksidan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat
%d bloggers like this: